Perusahaan
Perusahaan atau istilah Inggrisnya eterprise terdiri dari satu atau lebih unit-unit
usaha yang disebut pabrik atau bedriff (bahasa Belanda).
Perusahaan adalah suatu lembaga yang diorganisasikan dan
dijalankan untuk menyediakan barang atau jasa untuk maasyarakat dengan motif
atau insentif keuntungan. Selain sebagai suatu lembaga, perusahaan juga merupakan suatu
wadah yang diorganisasikan, didirikan dan diterima dalam tata kehidupan
masyarakat. Para pengusaha harus berani menanggung risiko. Artinya, sebagai
tujuan bersama dari setiap perusahaan adalah berusaha memperoleh laba
berdasarkan rentabilitas.
Dalam ilmu Ekonomi, perusahaan dibedakan
antara pengertian perusahaan dan unit usaha. Unit usaha adalah jenis usaha, tempat memproduksi atau
membuat barang-barang yang disebut juga pabrik bertanggung jawab terhadap hasil
barang-barang. Selain itu, perusahaan lebih menitikberatkan pada semua
pengelolaan usaha, termasuk keuangan, produksi, dan pemasaran.
Terdapat tiga jenis perusahaan yang
beroperasi untuk menghasilkan laba, yaitu: perusahaan manufaktur
(manufacturing), perusahaan dagang (merchandising), dan perusahaan jasa
(service). Setiap jenis perusahaan ini mempunyai ciri-ciri masing-masing,
yaitu:
- Perusahaan manufaktur (manufacturing business): mengubah input dasar menjadi produk yang dijual
kepada masing-masing pelanggan. Contoh perusahaan manufaktur: Honda,
Intel, Nike, Sony, dan lainnya.
- Perusahaan dagang (merchandising business): menjual produk ke pelanggan, namun produknya tidak
diproduksi sendiri, melainkan membelinya dari perusahaan lain. Dengan kata
lain, perusahaan dagang mempertemukan produk dengan pembeli. Contoh
perusahaan dagang: Electronic City, Amazon.com, dan lainnya.
- Perusahaan jasa (services business): menghasilkan jasa dan bukan barang atau produk
untuk pelanggan. Contoh perusahaan jasa: Garuda Indonesia, Telkomsel, dan
lainnya.
Berikut ini adalah pengertian dan definisi
perusahaan menurut para ahli:
- MOLENGRAAFF
Perusahaan adalah keseluruhan perbuatan
yang dilakukan secara terus menerus, bertindak keluar, untuk memperoleh
penghasilan dengan cara memperdagangkan atau menyerahkan barang atau mengadakan
perjanjian perdagangan.
- PEMERINTAH HINDIA BELANDA
Perusahaan adalah keseluruhan perbuatan,
yang dilakukan secara tidak terputus-putus, dengan terang-terangan, dalam
kedudukan tertentu dan untuk mencari laba (bagi diri sendiri).
- UU No.8 TAHUN 1997, PASAL 1 (1)
Perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang
melakukan kegiatan secara tetap dan terus-menerus dengan memperoleh keuntungan
dan atau laba bersih, baik yang diselenggarakan oleh orang perorangan maupun
badan usaha yang berbentuk badan hukum atau bukan badan hukum, yang didirikan
dan berkedudukan dalam wilayah negara RI
- MURTI SUMARNI (1997)
Perusahaan adalah sebuah unit kegiatan
produksi yang mengolah sumber daya ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa
bagi masyarakat dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan
masyarakat.
- MUCH NURACHMAD
Perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang
berbadan hukum atau tidak, milik orang perseorangan, milik persekutun, atau
milik badan hukum, baik milik swasta maupun milik negara yang mempekrjakan
pekerja dengan membayar upah atau imbalan dalam bentuk lain.
Berikut ini akan saya berikan satu contoh
perusahaan besar yang ada di Indonesia;
PT. Dua Kelinci
Sejarah Berdirinya PT. Dua Kelinci
Asal mula terciptanya merek kacang dua
kelinci adalah saat dua penemunya masih berjualan kacang garing dengan merek
Sari Gurih yang punya logo dua ekor kelinci. Dua penemu itu adalah Ho Sie Ak
dan seorang wanita bernama Lauw Biegiok. Pasangan suami istri ini memulai usaha
kacang mereka secara industri rumah tangga pada tahun 1972. Industri rumah
tangga tersebut berangkat dengan visi yang sederhana yaitu untuk memproduksi
kacang garing yang berkualitas. Dari tahun ke tahun usaha mereka meningkat
dengan distribusi yang semakin meluas. Karena kacang garing Sari Gurih lebih
populer atau lebih dikenal karena logonya yang bergambar dua ekor kelinci
akhirnya pada tahun 1982 merek Sari Gurih berubah menjadi Dua Kelinci. PT Dua
Kelinci memproduksi kacang garing yang dikemas dan diberi label dengan merek
dagang Dua Kelinci yang pada awalnya hanya diedarkan di Surabaya dan
daerah-daerah sekitarnya. Secara bertahap, distribusi produk ini berkembang dan
meluas mencapai seluruh daerah Jawa Timur. Itulah awal dari perjalanan sukses
PT Dua Kelinci yang sekarang telah mempunyai merek-merek dagang kacang garing
yang kuat dan sangat dikenal di Indonesia.
PT Dua Kelinci secara berkelanjutan
mengembangkan kinerja sejalan dengan visi global perusahaan, yaitu untuk
memproduksi kacang garing dengan kualitas terbaik di dunia. Perkembangan dan
pergerakan permintan pasar menuntut kinerja yang lebih baik. PT Dua Kelinci
berusaha dengan keras untuk tetap bertahan dalam persaingan yang ketat dengan
cara menambah kualitas dan kapasitas produk. PT DuaKelinci yang berlokasi di
Pati, Jawa Tengah sendiri didirikan oleh Ali Arifin dan Hadi Sutiono pada tahun
1985. Pabrik baru yang dibangun diatas tanah seluas enam hektar tersebut
berlokasi di Pati karena daerah itu merupakan pusat dari kacang tanah di Jawa
Tengah. Dibangun dibawah nama PT Dua Kelinci pabrik yang terletak di Pati, Jawa
Tengah ini mempunyai posisi yang sangat strategis untuk mendapatkan bahan baku
kacang tanah yang segar dan berkualitas bagus secara terus-menerus.
PT. Dua Kelinci dalam perkembangannya
hingga saat ini selalu menggunakan kacang tanah berkualitas dan memprosesnya
dengan teknologi canggih sehingga menghasilkan produk yang kacang garing dan
berkualitas. Seiring dengan itu, PT Dua Kelinci juga secara terus menerus dan
teratur melakukan inovasi-inovasi untuk menciptakan produk-produk baru untuk
dipasarkan ke masyarakat. Di tahun 2000 kami telah meluncurkan produk-produk
baru seperti Shanghai DK, Hot Nut, Garlic Nut, Ha Lofet, dan lain-lain.
Dilengkapi dengan peralatan dan fasilitas pendukung modern yang mengikuti
panduan teknologi terkini, pabrik baru kami dibangun untuk menambah daya
produksi baik dalam segi kualitas dan kuantitas. Didukung pula oleh sumber daya
manusia, teknologi modern, inovasi-inovasi dan pengawasan mutu yang ketat, PT
Dua Kelinci berkomitmen untuk tetap menjadi salah satu perusahaan kacang garing
utama dalam yang selalu memproduksi produk-produk berkualitas tinggi seperti
kacang garing, coated peanuts, dan lain-lain.
Produk Kacang Dua Kelinci semula memang
hanya menjual produk berupa kacang garing tetapi sesuai perkembangannya dalam
mengikuti permintaan pasar atau konsumen, PT Dua Kelinci akhirnya mengeluarkan
berbagai produk :
- Kacang garing. Produk kacang garing sudah bukan hal asing.
Kacang tanah yang diproses sedemikian rupa ini memang garing seperti
namanya. Merek yang paling terkenal tentu Dua Kelinci, tetapi ada pula
merek Supernuts yang dikembangkan dengan berbagai rasa.
- Kacang salut. Kacang salut juga merupakan kembangan dari produk
kacang Dua Kelinci.Biasa disebut juga sebagai kacang bawang atau kacang
atom. Wujudnya adalah kacang yang dibalut dengan tepung. Contoh mereknya
adalah Shanghai Deka atau Sukro.
- Makanan ringan. Anda pernah makan pilus atau makanan ringan
dengan merek Tic-Tac. Ini juga salah satu produk yang dikembangkan oleh PT
Dua Kelinci. Bentuknya yang bulat dan kecil-kecil dengan rasa gurih atau
pedas sangat disukai oleh masyarakatIndonesia. Selain itu, ada pula produk
makanan ringan yang dibuat dari biji-biji jagung beraneka rasa, misalnya
merek My Corn.
- Makanan kacang-kacangan. Makanan lain yang merupakan produk kembangan dari
kacang Dua Kelinci adalah makanan ringan yang terbuat dari kacang-kacangan
selain kacang tanah.. Misalnya merek Koroku (dibuat dari kacang koro) atau
merek Polongmas (terbuat dari kacang polong). Semuanya dibuat dengan
berbagai rasa, mulai dari gurih sampai rasa pedas. Itu adalah beberapa
contoh produk yang sudah dikembangkan dari produk semula, yaitu kacang Dua
Kelinci. Semua produk telah dikembangkan sesuai dengan permintaan konsumen
mulai dari bahan kacang yang beraneka ragam sampai pada berbagai rasa yang
diracik sedemikian rupa hingga cocok dengan lidah masyarakat Indonesia.
Perusahaan
berkomitmen untuk :
- Menjaga produk-produk berkualitas terbaik, aman
dan halal demi kepuasan pelanggan.
- Meningkatkan produktifitas dan daya saing melalui
pengembangan produk dan teknologi.
- Mengembangkan manajemen dan Sumber Daya Manusia
untuk mengantisipasi perubahan global.
- Mengupayakan dan memperbaiki kelestarian serta
keharmonisan lingkungan.
Visi
dan Misi PT. Dua Kelinci
- Visi :
Menjadi yang terbaik di bidang food
and beverage industry.
- Misi :
1.
Meningkatkan
daya saing di segala bidang, terutama di segi kualitas, efisiensi dan teknologi
secara berkelanjutan.
2.
Mempertahankan
konsistensi dalam meningkatkan prestasi.
3.
Memperkuat
Corporate Brand Dua Kelinci dengan jaringan distribusi yang merata dalam skala
global.
Daerah
Pemasaran PT. Dua Kelinci
Daerah pemasaran produk-produk dari PT Dua
Kelinci telah diekspor ke berbagainegara, seperti Singapura, Malaysia, Brunei
Darussalam, Hongkong, Thailand, Filipina, China, Australia, Amerika Serikat,
Canada, Belanda, Saudi Arabia, dan lain-lain. Di samping itu, PT Dua Kelinci
juga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, diantaranya maskapai penerbangan
Garuda Indonesia dengan produk mixed nuts.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar